Materi Safety Talk: Alat Pelindung Diri (APD)

Alat pelindung diri merupakan salah satu kontrol untuk mengurangi tingkat cidera kepada pekerja jika terjadi kecelakaan dan bukan untuk mencegah kecelakaan.

Jenis alat pelindung diri (APD) dan aturan pemakaian.
1. Safety Helmet
Safety Helmet wajib dipakai di semua area yang mempunyai resiko kepala terbentur atau tertimpa benda kecuali ketika berada di area tidak wajib memakai safety helmet. Khusus untuk operator unit type canopy (bukan cabine), selama bekerja wajib memakai safety helmet.
2. Safety Glasses
Digunakan untuk pekerjaan yang mempunyai risiko cidera pada mata misalnya debu, sinar ultraviolet dan dari paparan yang sifatnya ringan. Biasanya digunakan oleh crew checker, trafficman, survey, crew blasting, operator A2B dan pekerja yang bekerja di lapangan (area terbuka).
3. Safety Goggles
Safety goggles lain dengan safety glass. Safety goggles dapat melindungi mata dari percikan benda asing yang datangnya dari depan, samping, bawah dan atas. Safety Goggles wajib dikenakan ketika bekerja pada pekerjaan yang mempunyai risiko terkena percikan benda/ bahan dari semua arah, misalnya las/ welding, gerinda, dll. Safety goggles untuk las (welding) harus dengan double lensa/ dua lensa (clear & dark), untuk pekerjaan lainnya safety goggles yang digunakan type single lensa/ satu lensa (clear).
4. Ear Plug/ Ear Muff
Wajib digunakan ketika masuk ke area yang menimbulkan tingkat kebisingan tinggi, atau disekitar/ disekeliling orang yang melakukan pekerjaan dengan tingkat kebisingan tinggi, misalnya masuk ruang genset, pekerjaan gauging, impact, memukul dengan hammer, di area pompa/ multi-flow, dan lainnya.
5. Respirator/ Masker
Respirator/ Masker digunakan untuk melindungi saluran pernafasan dari kemasukkan benda asing, seperti debu atau uap kimia yang beracun. Respirator/ Masker wajib dipakai ketika pekerja berada di area yang mempunyai risiko terhirupnya benda asing ke saluran pernafasan. Type respirator/ masker yang digunakan tergantung dari jenis benda yang berpotensi terhirup ke saluran pernafasan. Jika debu, digunakan masker debu, misalnya untuk checker, trafficman, dll. Jika uap/ zat kimia, digunakan masker kimia, misalnya blaster, welder, dll.
6. Safety Shoes
Merupakan APD yang wajib digunakan bagi pekerja yang memiliki potensi kaki tertimpa barang/objek yang berat, lantai yang licin atau memiliki potensi terpeleset, kemudian permukaan jalan yang tidak rata atau terdapat benda tajam. Safety Shoes juga memiliki kemampuan untuk menahan bahan kimia, benda panas dan lainnya sesuai dengan spesifikasinya.

7. Full Body Harness
Digunakan pada pekerjaan yang dilakukan di ketinggian minimal 1,8 m. Fungsi dari APD ini adalah untuk memproteksi pekerja dari bahaya jatuh.
8. Safety Gloves
APD yang digunakan untuk melindungi pekerja dari bahaya kontak secara langsung bahan kimia, suhu (dingin/panas). benda tajam, dan aktifitas manual handling. Jenis dan spesifikasi berbeda-beda sesuai dengan bahaya yang ada. 
Spread the love

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *