Adab Penuntut Ilmu Terhadap Dirinya

Bebedapa poin diantara Adab Penuntut Ilmu Terhadap Dirinya yaitu:

1. Ilmu adalah Ibadah

Diantara syarat ibadah adalah Ikhlas (memurnikan niat karena Allah semata) dan mutaba’ah yaitu mengikuti apa yang dicontohkan oleh Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassalam.

2. Jadilah Salafi Sejati

Salafi Sejati yaitu mengikuti jejak salaf shalih dari kalangan sahabat dan generasi yang mengikuti jejak mereka dalam bidang agama berupa tauhid, ibadah dlsb.

3. Selalu Takut Kepada Allah

Takut kepada Allah dengan menegakkan syiar-syiar Islam, menampakkan sunnah, dan menyebarkan dengan cara mengamalkannya dan mendakwahkannya.

4. Selalu Merasa Diawasi Oleh Allah

Menghias diri dengan muraqabah (merasa diawasi oleh Allah) saat sepi maupun ramai. Berjalanlah menuju Rabmu antara rasa takut dan berhadap, karena keduanya bagaikan sayap burung.

Baca Juga: Perhiasan Akhlak Penuntut Ilmu Sejati

5. Merendahlah dan Jangan Sombong

Hiasi dengan adab-adab mulia berupa ‘iffah (menjaga diri dari keharaman), lemah lembut, sabar, tawadhu dlsb. Hindarilah dari penyakit sombong, karena kesombongan, rakus, dan hasad adalah dosa pertama kepada Allah Ta’ala sebagaimana yang dilakukan oleh iblis.

6. Qana’ah dan Zuhud

Hakikat zuhud adalah meninggalkan keharaman dan menjauhinya dengan menghindari dari perkara-perkara syubhat dan ambisi serta rakus terhadap apa yang dimiliki oleh manusia lainnya.

Jadilah orang yang sederhana dalam hidup, menjaga kehormatan dirinya dan keluarganya dan tidak mendatangi tempat-tempat yang hina.

7. Berhias dengan Mahkota Ilmu

Akhlak yang baik berupa ketenangan, kewibawaan, kekhusu’an, tawadhu, menmpuh jalan yang lurus dengan menjaga diri baik zhahir maupun bathin serta menghindari pembatal-pembatalnya.

8. Menjaga Muru’ah

Berupa akhlak yang baik, senyum, menebar salam, sabar menghadapi manusia. Dan jauhilah perusak muru’ah seperti ujub, riya, sombong dan mendatangi tempat-tempat yang tidak pantas.

9. Perangai Lelaki Sejati

Berupa keberanian, pantang menyerah dalam kebenaran, akhlak yang baik, berkorban di jalan kebenaran,

10. Hindari Kemewahan

Kesederhanaan bagian dari keimanan. Pilihlah pakaian yang sederhana dan sesuai syariat yang melambangkan kepribadianmu.

11. Jauhilah Majelis-Majelis yang Tiada Guna

Jangan menginjakan kaki ke tempat-tempat kemungkaran dan merusak adab. Jangan pura-pura tidak tahu akan hal itu, karena itu bisa merusak dan menodai keindahan ilmu dan ahli ilmu.

12. Jangan Berisik

Hindarilah kebisingan, berisik dan debat kusir yang merusak adab.

13. Lemah Lembut

Milikilah sifat lemah lembut, hindari kata-kata yang kasar, karena kata-kata yang lembut bisa memikat hati manusia.

14. Merenung

Merenunglah, niscaya engkau akan mendapati tujuanmu.

15. Tegar dan Tastabuut

Tegarlah terutama saat-saat genting. Dan sabarlah dalam belajar dan menima ilmu dari guru, karena siapa yang tegar akan tumbuh berkembang.

Spread the love