4 Kata Inspiratif Pak Prabowo Untuk K3

Ada 4 kata inspiratif dari Pak Prabowo yang bisa diterapkan untuk K3. Ingat perkataan yang diucapkan oleh Pak Prabowo saat “pertarungan” merebutkan kursi No. 1? Ketika itu Pak Prabowo mengajukan pengunduran dirinya dari proses pilpres melalui konferensi pers yang mana diduga bahwa telah terjadi kecurangan dalam pilpres yang dilakukan oleh lawan politiknya yaitu Jokowi-JK. Pak Prabowo dan tim suksesnya mengatakan bahwa telah terjadi kecurangan yang bersifat terencana, sistematis, terstruktur dan massif.

Kalau kita perhatikan dari setiap kata tersebut sungguh sangat bagus jika diartikan yang positif. Di bawah ini adalah definisi tiap kata yang bersumber dari Wikipedia dan KBBI:

1. Rencana

Adalah hasil proses perencanaan berupa daftar ketetapan tentang langkah tindakan pada masa depan menyangkut kegiatan apa, siapa pelaksananya, di mana, kapan jadualnya dan berapa sumberdaya yang akan digunakan, serta pelbagai keterangan mengenai tolok ukurnya, dalam rangka mencapai hasil. Rencana digunakan manajemen untuk pedoman pengarahan kegiatan dan juga sebagai titik tolak proses pengendalian.

Sesuai definisi yang dijelaskan oleh Wikipedia ada 2 kata kunci yaitu: penetapan langkah dan tolak ukur. Dalam organisasi K3 diperlukan perencanaan yang matang, karena K3 berbicara tentang keselamatan dan kesehatan seseorang selama mereka bekerja. Sedikit kesalahan, cidera dan penyakit taruhannya. Penetapan langkah dapat dibuat menjadi sebuah program yang di dalamnya berisikan apa, siapa, dimana, kapan dan bagaimana. Selain itu, dibuatkan juga apa tolak ukurnya bahwa program itu dikatakan berhasil dan tidak berhasil, sehingga bisa dilakukan review dan evaluasi.

Perlu diingat, tidak ada kegiatan yang tidak direncanakan. Biasanya dalam membuat suatu rencana hanya orang tertentulah yang terlibat, kalau kita boleh sebut mereka adalah “tukang pikir” atau Thinker. Oleh karena itu, tipe orang seperti ini wajib harus dibayar mahal.

Baca juga: Kata Kunci SAFETY

2. Sistematis

Adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya.

3 kata kunci dari definisi sistematis, yaitu teratur, logis dan menyeluruh. Hubungan antara satu bagian dengan bagian lain harus sinergis (menyatu). Bagian K3 dengan program yang dimilikinya harus terhubung dan terintegrasi dengan bagian yang lainnya. Tanpa support dari bagian lain, bukanlah apa2 program K3 tersebut. Keteraturan program, target yang logis dan aspek yang menyeluruh adalah adalah suatu keharusan yang dimiliki oleh bagian K3. Mungkin kita pernah melihat atau mendengar begitu banyaknya bagian K3 yang eksistensinya tidak berpengaruh, program yang tidak jelas, target yang tidak terukur dan sifatnya parsial (tidak menyeluruh). Apabila terjadi seperti ini maka manajemen harus segera mengevaluasi agar masalah tersebut tidak berkepanjangan.

3. Struktur

Adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan. Berbicara mengenai kata terstruktur, maka secara otomatis akan berkaitan dengan kata Sistematis. Suatu bagian K3 tidak akan berfungsi dan berjalan dengan baik apabila tidak memiliki struktur yang jelas dimana di dalamnya terdapat bagian2 yang memiliki peran dan fungsi yang berbeda namun saling mendukung (sinergis). Bagian K3 juga tidak akan berjalan dengan efektif jika kerangka konsep dan metode pelaksanaanya tidak dibuat secara sistematis.

4. Masif

Merupakan lain kata dari Raksasa, massal, besar-besaran. Siapapun pasti sudah memahami arti dari kata massif yaitu massal (melibatkan banyak orang) dan dilakukan secara besar-besaran. Sudah barang tentu bagian K3 dalam melaksanakan sebuah program sebisa mungkin melibatkan banyak orang dan dilakukan secara bersamaan. Bagusnya bagian K3 memiliki tema/ topic dalam 1 tahun yang mana pada tiap bulannya berbeda2. Hal ini bertujuan untuk menciptakan suasana semangat K3 dan menyatukan persepsi yang sama terhadap K3.

Luar biasa bukan arti dari ke-empat kata tersebut yang umumnya digunakan pada suatu organisasi besar. Namun, akan menjadi lebih luar biasa apabila empat kata tersebut digunakan dalam konteks K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Semoga bermanfaat tulisan ini.
Terima kasih penulis ucapkan kepada Pak Prabowo yang berjiwa besar.

Ditulis di Site Office Adaro Wara KM73
5 Nov 2014

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *