KABARI Pekerjaan Anda!!

Assalamu’alaikum sobat..
Berikut tulisan disela2 waktu jam kerja. Semoga sobat selalu tetap semangat kapan dan dimanapun berada.
Tidak ada aktifitas pekerjaan yang terbebas dari bahaya dan risiko, apapun itu. Bahaya ibarat sebuah bayangan yang selalu mengikuti kemanapun kita pergi. Mau diam, bergerak atau berlari, maka bahaya akan selalu ada. Begitulah setianya bahaya menemani di setiap aktifitas pekerjaan kita.
“Kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup. Kalau bekerja sekadar bekerja, kera juga bekerja.” (Buya Hamka).
Kalimat yang singkat, namun padat makna. Begitu halnya dengan keselamatan di tempat kerja. Semua orang bisa bekerja, namun tidak banyak dari mereka yang bekerja dengan aman. Shorcut dan target oriented, dua hal yang menjadi penyebab tidak diikutinya prosedur kerja aman. Berdasarkan analisa kejadian kecelakaan di tempat kerja, shorcut (jalan pintas) merupakan salah satu penyebab dasar (basic cause) terjadinya kecelakaan. Biasanya karyawan ingin cepat selesai, yang penting beres, cepat pulang dan motivasi lainnya. Padahal jika saja mereka mau berfikir sedikit bahwa tindakan tersebut dapat merugikan dirinya. Kecelakaan tidak akan terhindar jika cara bekerja seperti itu dilakukan secara terus menerus. Fungsi dari pengawas adalah memastikan mereka bekerja sesuai dengan prosedur kerja aman.
Penyebab kedua adalah target oriented (berorientasi pada target). Tidaklah salah jika ada karyawan yang memiliki mindset seperti itu. Normal saja. Namun demikian akan jadi lebih baik jika mindsettersebut dibarengi dengan cara kerja yang aman yaitu safety and target oriented.  Target tercapai, kecelakaan tidak ada. Sempurna sekali. Itulah yang disebut dengan GSP (Good Safety Practice).

Beralih kepada topik tulisan yaitu KABARI Pekerjaan Anda! Kata KABARI adalah sebuah singkatan yang sederhana yaitu KenAli BAhaya dan RIsiko, lalu ditambahkan dengan kata “pekerjaan Anda!”. Maksudnya adalah pahami bahaya dan risiko di setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Kalimat tersebut tercantum pada pedoman K3LH Adaro pada poin 1 dan 2 yaitu pahami pekerjaan dengan baik dan pahami bahaya pekerjaan.
Apa itu Bahaya dan apa itu Risiko? Definisi bahaya atau hazard adalah potensi yang dimiliki suatu bahan/material, proses, atau kondisi untuk menimbulkan kerusakan atau kesakitan (kerugian). Hazard dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu Safety Hazard (Bahaya Keselamatan) dan Health Hazard (Bahaya Kesehatan). Sedangkan risiko adalah seberapa besar kemungkinan suatu bahan/material, proses, atau kondisi untuk menumbulkan kerusakan atau kesakitan (kerugian). Risiko pun juga dapat dikelompokan menjadi 2 yaitu Safety Risk (Risiko Keselamatan) dan Health Risk (Risiko Kesehatan).
Sebagai seorang karyawan yang sadar K3, pasti tahu betul bahaya apa yang mungkin bisa terjadi dari setiap aktifitas pekerjaannya. Beda dengan karyawan yang belum atau tidak memiliki kesadaran K3. Mereka bekerja yang penting cepat selesai dan segera pulang.
Kawan, sekarang sudah bukan zamannya lagi bekerja sradak-sruduk tidak beraturan. Kita sudah dikenali dengan prosedur yang mengatur pekerjaan kita ke arah yang lebih baik. Keselamatan dan kesehatan kerja sudah menjadi persyaratan dalam bekerja dimana pun. Oleh karena itu KABARI pekerjaan Anda dimanapun Anda berada.
Spread the love