Awali dan Akhiri Pekerjaan Anda Dengan Selamat

Memulai pekerjaan anda dengan baik adalah penting, tidak hanya agar bisa melakukan pekerjaan dengan benar tetapi juga untuk keselamatan anda. Demikian pula mengakhiri pekerjaan. Akhir pekerjaan yang baik merupakan salah satu kunci dari keseluruhan keselamatan di tempat kerja.
Saat anda datang ke tempat kerja setiap pagi, anda ditunjuk untuk melakukan sesuatu yang lebih, tidak hanya sekedar menghidupkan mesin mobil, equipment atau mengambil perkakas dan langsung bekerja. Pertama, lakukanlah pengamatan keselamatan bagaimana keadaan tempat itu? Adakah sesuatu yang patut dipungut lalu dibuang untuk mencegah bahaya tersandung?
Sebelum berangkat pengemudi dan operator diharuskan melakukan inspeksi keliling terhadap peralatannya, guna mengetahui apakah ada penghalang atau sudah bebas hambatan. Bagi tukang las harus mengecek aliran pengelasan, gagang las, kondisi mesin las lalu lakukan percobaan.
Jika sudah saatnya pulang, anda juga masih memegang peranan dalam menjaga keselamatan. Jangan langsung keluar dan berlari ke Bus. Gunakan sedikit waktu untuk memparkirkan kendaraan dengan semestinya. Jarak paling sedikit 3 meter. Simpanlah perkakas kerja dan perlengkapan keselamatan anda agar tidak rusak.
Dan jangan lupa untuk memungut semua sampah, sisa potongan dan barang lain yang tidak perlu dan masukkan kedalam tong sampah. Jika tong sampah tidak ada. Laporkan kepada pengawas anda. Penataan tempat kerja yang bagus mencerminkan suatu crew yang bekerja dengan selamat dan terorganisasi dengan baik.
Ingat! Tidak ada pekerjaan yang begitu penting, atau tugas yang begitu mendesak sampai-sampai kita tidak bisa mengambil waktu untuk berfikir guna melaksanakan pekerjaan dengan selamat.
Spread the love