Safety Talk: Prinsip Penerapan 5R

Prinsip Penerapan 5R adalah untuk mendapatkan lingkungan tempat kerja yang Aman, Nyaman dan Sehat. Berikut ini adalah cara-cara mengelola lingkungan kerja yang dikenal dengan prinsip 5R yang terdiri:

1. RINGKAS (Pemilihan)

Prinsipnya adalah memilih dan memisahkan barang yang diperlukan dan tidak diperlukan kemudian menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Hasil yang akan didapatkan dari penerapan prinsip ringkas ini adalah: mobilitas tinggi, aliran kerja lancar, keamanan dan kenyaman sehingga efisiensi dan produktivitas tinggi.

2. RAPI (Penataan)

Prinsipnya adalah setiap barang yang ada di tempat kerja mempunyai tempat yang pasti dan jelas, sehingga harus diletakkan pada tempatnya. Pada dasarnya kegiatan pencarian adalah suatu pemborosan. Metode yang dapat dilakukan agar dapat merapikan adalah: barang dikelompokkan dan dibuatkan tanda pengenalnya, disiapkan tempatnya dengan tanda pembatas, dan dibuatkan denah atau peta barang.

Baca juga: Aman Dimanapun Berada

3. RESIK (Pembersihan)

Prinsipnya adalah membersihkan segala sesuatu yang ada di tempat kerja yang berarti memeriksa dan menjaga. Jangan sampai berfikir bahwa kebersihan hanyalah tanggung jawab Cleaning Service. Hasil yang akan didapatkan adalah: tidak ada gangguan proses dan mengurangi kesalahan kerja.

4. RAWAT (Pemantapan)

Prinsipnya adalah semua orang bisa mendapatkan informasi yang diperlukan yang berkaitan dengan penempatan dan penyimpanan barang-barang dengan tepat waktu. Pada dasarnya kesalahan/ penyimpangan di tempat kerja disebabkan oleh lupa dan tidak tahu. Hasil yang didapatkan kerancuan kerja berkurang, keselamatan dan kesehatan kerja serta peningkatan efisiensi.

5. RAJIN (Disiplin)

Prinsipnya adalah kita hanya melakukan apa yang searusnya dilakukan dan tidak melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan. Hasil yang didapatkan adalah kita akan dapat bekerja dengan profesional.

Sudahkah Tempat kerja kita tertata dengan rapi? Sudahkah kita merasa Aman dan Nyaman dalam Bekerja?

Spread the love