Materi Safety Talk: Aman Dimanapun Berada

Siapa yang tidak menginginkan mendapatkan rasa aman dimanapun berada? Tentu semua akan mengatakan “Iya”. Berbicara tentang keselamatan tidak hanya ada di tempat kerja atau perusahaan. Motto “Zero Incident” atau “Nihil Kecelakaan” tidak hanya terpampang di area proyek seperti konstruksi jembatan, gedung dan lain sebagainya. Teriakan “Safety First” atau utamakan keselamatan juga tidak hanya terdengar pada saat pekerja berkumpul melakukan kegiatan Safety Talk dan juga tertempel dalam bentuk bordiran pada pakaian kerja karyawan lapangan. Namun ketika kita berbicara keselamatan atau Safety maka tidak terbatas pada waktu dan tempat tertentu. Misal ketika beraktifitas di rumah, perjalanan dengan menggunakan kendaraan dan tempat lainnya.

Tidak sedikit insiden kebakaran terjadi di beberapa rumah tinggal. Tidak sedikit kejadian insiden fatal para pengguna kendaraan di jalan raya. Dan tidak sedikit jumlah kecelakaan yang terjadi di tempattempat yang menurut kita itu sesuatu yang tidak mungkin seperti pengguna eskalator di pusat perbelanjaan, di kebun binatang, sedang berjalan kaki di troroar dll.

Slogan “Safety is way of life”

Slogan “safety is way of life” harus benar-benar ada pada setiap individu dan menjadi nilai yang benar-benar tertanam di dalam dirinya. Sebagai contoh ketika kita hendak berangkat kerja menggunakan kendaraan, sudahkah kita cek kondisi kendaraan kita dan kelengkapan peralatan keselamatan. Ketika kita hendak menyebrang jalan raya, sudahkah kita memastikan kanan dan kiri jalan sudah aman sebelum menyebrang. Ketika kita hendak memperbaiki rumah atau peralatan yang rusak, sudahkah kita melakukan identifikasi kemungkinan bahaya yang bisa terjadi dan akifitas lainnya, karena setiap aktifitas memiliki bahaya dan risikonya masing-masing.

Aman dimanapun berada adalah suatu keinginan dan keharusan. Bertindak aman tidak hanya di tempat kerja. Bertindak aman dilakukan bukan karena ada aturan dan bertindak aman bukan karena ada pengawasan dari atasan.

Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa kita lakukan jika kita ingin aman dimanapun berada:

  1. Berdoalah selalu sebelum melakukan aktifitas.
  2. Patuhi aturan, pedoman keselamatan atau rambu ketika bekerja, mengemudi atau berkendara.
  3. Berfikir “Jika-Maka”. Maksudnya jika saya melakukan ini, maka akan terjadi apa.
  4. Tidak mengambil jalan pintas (short cut).

Intinya, setiap orang ingin aman dimanapun berada. Maka berfikirlah tentang keselamatan sebelum bertindak.

SAFETY FIRST

Spread the love

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.