Safety Talk: Hindari Menelepon Saat Berkendara

Meski sadar bahwa berbahaya, menelpon saat berkendara masih kerap dilakukan banyak orang. Berikut adalah beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

  1. Yang terbaik adalah tidak menerima panggilan telepon, apalagi melakukan panggilan telepon saat berkendara. Pasalnya, hal itu dapat memecak konsentrasi dan konsentrasi yang terpecah dapat membuat Anda lengah mengemudi, sehingga berisiko mengakibatkan kecelakaan.
  2. Agar Anda tidak kehilangan informasi penting yang mungkin hendak disampaikan penelpon, Anda dapat mengatur agar panggilan yang tidak dijawab dialihkan ke kotak suara.
  3. Jika Anda merasa panggilan telepon tersebut begitu penting, gunakan selalu Handsfree, meski sesungguhnya hal ini tidak kurang berisiko. Itu sebabnya ada negara-negara tertentu yang tetap melarang bertelepon dijalan, meskipun menggunakan handsfree.
  4. Selalu sampaikan kepada mitra bicara bahwa Anda sedang mengemudikan kendaraan dan mintalah untuk menghubungi kembali atau mengirimkan pesan teks singkat.
  5. Hindari percakapan yang rumit atau emosional. Misalkan bawahan Anda yang sedang mengalami kesulitan menghubungi untuk menanyakan sesuatu hal yang membutuhkan penjelasan detil. Sampaikan bahwa Anda sedang berkendara dan sebaiknya membicarakan hal tersebut kemudian. Ingat, keselamatan Anda jauh lebih penting ketimbang pekerjaan.
  6. Jangan sesekali membalas SMS, mencari-cari nomor telepon dalam daftar kontak, atau sekadar melihat ke layar telepon saat mengemudi. Hal ini Sangat berbahaya, terutama dijalanan yang ramai, karena Anda tidak akan awas apabila ada kendaraan yang mengerem mendadak.
  7. Jika Anda benar-benar harus melakukan penggilan telepon, lebih baik Anda menepi dan memberhentikan kendaraan, baru melakukan panggilan telepon. Sangat mungkin terjadi bahwa panggilan gagal atau menemui nada sibuk, sehingga Anda harus mencoba menghubungi kembali. Jika hal ini dilakukan sembari menyetir, Anda sedang bermain-main dengan keselamatan Anda.
  8. Manfaatkan berbagai fitur pada ponsel untuk memudahkan melakukan panggilan telepon. Misalnya, gunakan shortcut atau cukup menekan satu tombol untuk menghubung nomor-nomor tertentu yang paling sering Anda hubungi atau aturlah agar setiap panggilan yang masuk otomatis diterima tanpa harus menekan tombol-tombol tertentu.
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published.