Safety Talk: Rawat APD Anda

Anda seorang yang berpengalaman dalam bekerja, dan sangat memperhatikan keselamatan kerja. Dibalik semua itu ada perlengkapan pelindungan diri yang melindungi anda dari kemungkinan cedera.

Pecahan besi yang terpelanting atau percikan yang tajam dari alat gerinda dapat saja terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan cedera terhadap mata seumur hidup anda. Pemakaian alat pelindung mata yang tepat dapat mencegah timbulnya cedera yang menyakitkan.

Sebuah alat bisa jatuh terguling dari meja kerja atau sebatang besi yang anda bawa terjatuh menimpa kaki anda. Dengan sepatu keselamatan yang melindungi kaki anda selama bekerja, anda dapat mencegah timbulnya cedera yang menyakitkan.

Pecahan batu dapat terjatuh dari atap atau sebuah barang dapat meluncur dari rak penyimpanannya yang tinggi. Bila saat itu anda memakai topi keselamatan yang sesuai maka topi tersebut akan melindungi kepala anda.

Setiap alat pelindung mempunyai fungsinya sendiri maka anda harus selalu memakainya dan dengan cara yang benar. Anda juga harus merawatnya dengan baik agar pada saat diperlukan alat tersebut benar-benar memberi anda perlindungan.

Perusahaan bertanggung jawab sepenuhnya untuk mengurangi resiko bahaya. Serta menyediakan perlengkapan yang dapat melindungi anda dari bahaya dan mewajibkan anda untuk memakai sekaligus merawatnya. Selanjutnya semua terserah pada anda.

Berikut beberapa petunjuk perawatan perlengkapan diri :

  1. Periksa alat pelindung diri anda sebelum digunakan. Apakah masih layak untuk digunakan dan adakah kerusakan. Gantilah bila anda temukan adanya kerusakan.
  2. Alat pelindung diri anda harus selalu dibersihkan sebelum atau sesudah digunakan sesuai petunjuk.
  3. Ingatlah selalu untuk menyimpan alat pelindung diri anda ditempat yang tepat. Penyimpanan yang tidak benar untuk jenis-jenis tertentu dari alat pelindung diri dapat menimbulkan kerusakan atau gangguan.
  4. Keringkan alat pelindung diri sebelum disimpan untuk mencegah timbulnya jamur dan bau.
  5. Simpanlah alat pelindung diri jauh dari benda-benda yang dapat menusuk, memotong dan merusak peralatan tersebut.
  6. Jangan menyimpan alat pelindung diri yang telah terkontaminasi/terkena oleh sesuatu. Bersihkan terlebih dahulu sesuai petunjuk.
  7. Jangan memakai atau memegang alat pelindung diri yang telah terkontaminasi bahan kimia.
  8. Alat penahan jatuh sangat penting untuk melindungi anda disaat bekerja pada suatu ketinggian. Peralatan ini harus mendapatkan perhatian khusus dan bebas dari kotoran serta debu, bersihkan sesuai petunjuk pabrik, simpan dengan benar dan periksa setiap saat sebelum digunakan. Jika anda pernah jatuh, jangan gunakan peralatan tersebut lagi hingga peralatan itu diperiksa oleh pihak pembuatnya.
  9. Perlengkapan perlindungan diri disediakan untuk melindungi anda dari kemungkinan bahaya yang lebih besar. Peralatan khusus dibuat untuk melindungi kepala, pendengaran, mata, wajah, sistem pernafasan, tangan, lengan, kaki dan seluruh tubuh anda. Peralatan ini dapat melindungi bila terjadi tubrukan, terkena bahan kimia, terpotong dan kecelakaan jenis lainnya serta kemungkinan cedera.
  10. Adalah tugas anda untuk memakai alat pelindung diri dengan benar sebagimana diperintahkan supervisor anda, memeriksanya secara teratur guna mecegah kerusakan dan merawatnya dengan benar. Dengan demikian peralatan tersebut akan selalu setia memberi anda perlindungan.
Spread the love