Safety Talk: Penggunaan Hand Tools


Dalam menyelesaikan pekerjaan dibutuhkan alat bantu tangan atau lebih sering dikenal dengan istilah hand tools. Akan tetapi terkadang pemakaian hand tools yang tidak tepat akan dapat mendatangkan malapetaka bagi pemakainya atau mengakibatkan kecelakaan yang dapat mencederai tangan pemakiannya.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar pemakian hand tools tidak mendatangkan kecelakaan bagi pemakainya :

  1. Tidak dibenarkan menggunakan perkakas tangan yang rusak atau bukan fungsinya, seperti chisels/ palu kepalanya sudah tidak rata atau berbentuk jamur, lengan hammer yang sudah pecah, atau tanggem digunakan seperti kunci pass.
  2. Perkakas yang bergerigi seperti gergaji, plier, wrench harus selalu dalam kondisi baik. Terjadinya ketumpulan beresiko meleset sehingga mengenai si pemakai.
  3. Semua alat harus dalam kondisi bersih saat dipakai dan bebas dari oli atau minyak yang beresiko meleset. Bila oli tidak bisa dihindari maka gunakan sarung tangan untuk memperkuat cengkeraman.
  4. Perkakas tangan berenergi listrik harus dilengkapi dengan anti sengat (GFCI) atau double issulated.
  5. Kabel alat-alat tangan listrik harus dalam keadaan baik, tidak terkelupas, tidak rusak insulating-nya dan bebas kontak dengan air.
  6. Setiap alat harus disediakan tempat dan setelah dipakai harus dikembalikan pada tempatnya masing-masing.
  7. Harus dilakukan inspeksi berkala.
  8. Setiap temuan alat yang rusak atau tidak standar, alat tersebut harus diisolir/dipisahkan agar tidak dipergunakan sebelum dilakukan perbaikan.
  9. Tidak memindahkan atau mengangkat peralatan yang menggunakan tenaga listrik dengan cara memegang kabel.
  10. Untuk alat tangan angin, pastikan hose dan fitting dalam keadaan baik dan rapat sebelum valve open.
  11. Ketrampilan dan pengetahuan dalam menggunakan alat dan peralatan tangan juga menentukan keselamatan, sehingga perlu dilakukan training atau pelatihan penggunaan perkakas tangan agar tidak terjadi kesalahan.

Beberapa contoh kecelakaan yang mengakibatkan cedera tangan sudah banyak terjadi akibat pemakaian hand tools yang tidak tepat atau yang sudah rusak, pada umumnya hal itu terjadi karena ketidaktahuan dan kurangnya kepedulian terhadap keselamatan 

“Ingat………..Jari atau tangan anda tidak dapat digantikan……….!!!!
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *