Umar bin Khattab

Kitab Ushulus Sunnah karya Imam Ahmad di dalam kitabnya yang paling awal adalah tentang pelajaran sejarah shahabat nabi. Ini merupakan pondasi dalam beragama yakni pemahaman shahabat. Salah satu sahabat adalah Umar bin Khattab.

Ibnu Mas’ud berkata, jika kalian ingin mencari tauladan maka ambilah dari yang sudah mati yakni shahabat nabi, karena mereka berada di jalan petunjuk.

Ibnu Mas’ud juga memuji shahabat yakni orang-orang yang paling bersih hatinya sehingga wajar jika membantu dakwah perjuangan Nabi.

Dalil keutamaan shahabat.

Pengampunan (At-Tawbah):100 – Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Nama dan Nasab

Beliau adalah Abu Hafsh Umar al-Faruq bin Khattab bin Nufail bin Abdil Uzza bin Adi bin Ka’ab bin Lu’aiy bin Ghalib al-Qurasy. Nasab beliau bertemu dengan nasab Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pada kakek keempat yaitu Ka’ab bin lu’aiy bin Ghalib.Beliau lahir 3 tahun setelah tahun gajah.

Kunyahnya adalah Abu Hafsh. Beliau mertuanya Rasulullah, karena salah satu anaknya menikah dengan Nabi yakni Hafsh. Beliau orang pertama kali digelari amirul mukminin (pemimpin orang beriman). Beliau diberi gelar Al-Farouk karena pada saat masuk Islam beliau lakukan secara terang-terangan.

Sifat

Orang yang kuat, tinggi, besar atau kekar. Beliau selalu kerja dengan tangannya. Warna kulitnya putih dan kemerah-merahan. Tidak pernah berkhianat dalam pemerintahannya. Orangnya adil. Pemberani. Tawadhu. Tidak memiliki istana. Kalau berjalan cepat. Kalau berbicara lantang. Kalau memukul bikin lawan jatuh.

Masuk Islamnya

Masuknya Umar ke dalam Islam banyak yang tidak menyangka karena beliau adalah orang yang keras.

Saat itu ada 2 orang suami istri (Abu dan Ummu Abdillah) hendak hijrah menuju negeri habasyi karena kedzomilan di negerinya yakni mekkah. Di tengah perjalanan ketemu dengan Umar dan terkejut dengan sikap Umar yang berbeda dari biasanya. Suami Ummu Abdillah tidak akan percaya kalau Umar masuk Islam. Namun kemustahilan Umar masuk Islam tidaklah terjadi. Ini merupakan doa Rasul yakni mendoakan Umar agar masuk Islam. “Ya Allah jayakan Islam ini dengan memasukan Umar ke dalam Islam.”

Maka Umar mendeklarasikan bahwa beliau masuk Islam. Masuknya umar adalah kemenangan dan hijrahnya Umar adalah pertolongan. Kami bisa sholat secara terang-terangan ketika Umar sudah masuk Islam.

2 pembesar saat itu adalah Umar dan Abu Jahal. Namun Umarlah yang masuk Islam.

Keutamaan-keutamaannya

a. Beliau termasuk diantara shahabat yang dijamin masuk surga.

Dijaminnya Umar masuk surga tidak membuat dirinya merasa ujub, namun dirinyalah shahabat yang paling takut kepada Allah.

b. Termasuk orang yang dapat ilham dan firasat yang tepat.

Hadist riwayat Tirmidzi. “Kalau ada Nabi setelahku, maka dia adalah Umar.”

c. Sudah dikabarkan Nabi yang akan mati syahid.

Riwayat Anas bin Malik. Rasul bersama 3 kholifah kecuali Ali naik di atas gunung uhud dan bergetarlah gunung uhud. Sesungguhnya diatasmu ada seorang Nabi, seorang Shiddiq dan 2 orang Syahid.

Urutan gelar: Mahqomam Mahmudan – Kholilullah – Ulul Azmi – Rasul – Nabi – Shiddiq – Syahid.

d. Allah telah menyiapkan istana di surga yang terbuat dari emas.

Dalam mimpi Rasul masuk ke surga dan melihat ada istana dari emas. Rasul berkata, siapa pemilik istana ini, maka mereka menjawab pemiliknya adalah orang quraisy yakni Umar bin Khottob.

e. Umar adalah laki-laki yang ditakuti oleh setan baik dari kalangan manusia maupun jin.

f. Umar dicintai Allah dan Rasul.

Dalam doa Nabi, ya Allah muliakanlah Islam dengan memasukan Umar ke dalam Islam.

g. Selalu menyertai Nabi.

Ketika Ali bin Abi Thalib melihat jenazahnya Umar dan berkata: setelah kematianmu tidaklah aku kagumi suatu amalan selainmu. Bukti cinta Ali kepada Umar. Ali adalah mertuanya Umar karena menikahkan anaknya Ummu Kultsum.

h. Takutnya Umar menyelisihi perintahnya Nabi.

Kisah Umar membuang talang air rumahnya Abbas karena dapat menghalangi kaum muslimin berjalan. Maka setelah mengetahui bahwa talang air tersebut dipasang oleh Rasul maka berkatalah Umar: janganlah engkau pasang kembali kecuali dengan menaiki pundakku.

i. Kesesuaian dengan keputusan Allah.

Kekholifaan

  • Ditunjuk langsung oleh Abu Bakar. Umar sangat adil, tidak ada yang terdzolimi selama pemerintahannya.
  • Umar bin khotob sangat perhatian terhadap rakyatnya. Bahkan tidak diketahui bahwa dia adalah Umar.
  • Umar tidak memperbolehkan orang ke pasar jika tidak tahu fikih atau ilmunya. Juga melarang berjualan susu dicampur dengan air.
  • Di zaman Umar, modal kuat dari Abu Bakar maka ingin menaklukan romawi dan persia.
  • Dibawah kepemimpinan Umar, Baitul Maqdis kembali pada pangkuan kaum musimin yang sebelumnya dipegang romawi.
  • Dimasa pemerintahannya dibuatkan kalender hijriah.
  • Pembentukan baitul mal dan struktur kenegaraan seperti gubernur dll.

Wafatnya.

  • Umar dibunuh oleh Abu Lulu al-Majusi orang persia, karena bangsa persia memiliki luka yang mendalam. Umar ditusuk 2x dibagian perutnya saat menjadi imam sholat shubuh.
  • Umar memanggil anaknya yakni Abdullah bin Umar dan menyampaikan kepada ‘Aisyah agar makamnya disamping kedua shahabatnya yaitu Nabi dan Abu Bakar.
  • Menjelang kematiannya Umar mengingatkan kepada 2 orang pemuda yang celananya isbal.
  • Umar menunjuk 6 shahabat untuk menggantikannya. 6 shahabat tersebut adalah shahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Umar tidak menyebut yang ke 7 yakni Said bin Zaid, karena dia adalah bagian dari keluarganya. Maka Umar tidak menyebut Said dikhawatirkan dianggapnya nepotisme.

SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT

5 Shaban
Masjid Ar-Rahmat Slipi JakBar
Shirah Shahabat (Umar bin Khotob)
Ust. Fadlan

Spread the love