Terbunuhnya Khalifah ‘Ustman bin Affan

Pembahasan tentang shirah shahabat merupakan bagian dari Agama. Salah satu shahabat yang akan dibahas adalah Khalifah ‘Ustman bin Affan.

Nama dan Nasab

  • Utsman bin Affan bin Abul ‘Ash bin Umayyah bin ‘Abdush Syams bin ‘Abdu Manaf. Nasabnya bertemu dengan Nabi pada Abdu Manaf.
  • Ibunda beliau bernama Arwa binti Khuraiz bin Rabi’ah. Neneknya bernama Ummu Hakim binti ‘Abdul Muththalib, bibi Nabi.
  • Beliau dinikahkan dengan Ruqoyah, setelah Ruqoyah wafat maka Rasul menikahkannya dengan Ummu Kultsum. Oleh karena itu beliau disebut Dzun Nurain (yang memiliki 2 cahaya).
  • Nama kunyahnya Abu Abdillah.
  • Beliau masuk Islam melalui perantara Abu Bakar. Istrinya ada 8 yaitu Ruqoyah, Ummu Kultsum, Fakhitah, Ummu Amr, Fathimah, Ummul Banin, Romlah binti Syaibah, Nailah.

Keutamaan Ustman bin Affan

Shahabat yang dijamin masuk surga. (Qs. 9:100 dan 3:110). Syarat dikatakan shahabat nabi ada 3 yaitu bertemu dengan Nabi, beriman dan mati dalam keimanannya.

Hadist-hadist yang menerangkan bahwa Ustman dijamin masuk surga

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Abdurrahman bin ‘Auf dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Abu Bakar masuk surga, Umar masuk surga, Utsman masuk surga, Ali masuk surga, Thalhah masuk surga, Zubeir masuk surga, Abdurrahman bin ‘Auf masuk surga, Sa’ad masuk surga, Sa’id masuk surga dan Abu Ubaidah bin Jarah masuk surga.” Telah mengabarkan kepada kami Abu Mush’ab dengan bacaan dari Abdul Aziz bin Muhammad dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seperti di atas, namun dia tidak menyebutkan di dalamnya dari Abdurrahman bin ‘Auf. Perawi (Abu Isa) berkata; “Dan hadits ini juga diriwayatkan dari Abdurrahman bin Humaid dari ayahnya dari Sa’id bin Zaid dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam seperti hadits di atas, dan hadits ini lebih shahih dari hadits yang pertama.” (HR. Tirmidzi no. 3747)

Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ayyub dari Abu Utsman dari Abu Musa, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah masuk kebun dan menyuruhku untuk menjaga pintu. Setelah itu datanglah seseorang dan minta ijin untuk masuk, nabi kemudian berkata: “Berilah ia ijin, dan berilah kabar gembira kepadanya dengan surga!” Tak tahunya yang datang adalah Abu Bakar. Kemudian Umar datang dan nabi berkata: “Berilah ijin dia, dan berilah kabar gembira dengan surga.” Kemudian Utsman datang dan nabi berkata: “Berilah ia ijin, dan berilah kabar gembira dengan surga.” (HR. Bukhari no. 7262)

Manusia pada hari kiamat ditimbang dengan 3 timbangan yaitu amalnya, catatan amalnya dan jasadnya. Ustman adalah shahabat yang disungkani oleh Rasul. Hadist tentang tersingkapnya pakaian Nabi.

Kekholifaan Ustman.

Saat menjelang wafatnya Umar bin Khotob, beliau menunjuk 6 calon pengganti kholifah. 6 orang tersebut adalah calon penghuni surga, salah satunya adalah Ustman bin Affan.

Peristiwa di zaman Ustman.

  1. Menaklukan negara-negara afrika pada tahun 27 H.
  2. Peperangan kaum muslimin terhadap kaum barbar. Jumlah kaum muslimin 20.000, sedangkan kaum barbar 200.000. Ustman mengutus Abdullah bin Abu Sharrah sebagai komandan.
  3. Penaklukan kota kostantinopel (Turki). Rajanya pada saat itu adalah Konstantin bin Heraclius. Heraclius adalah raja pada zamannya Rasul.
  4. Terjadi perluasan masjid nabawi karena sudah tidak muat untuk menampung kaum muslimin saat ibadah umrah atau haji.
  5. Dibuat pelabuhan armada kapal perang.
  6. Pengumpulan mushaf Al-Quran dikarenakan di beberapa lokasi berbeda-beda cara bacanya.

Tragedi terbunuhnya Ustman.

Diantara faktor yang menyebabkan terbunuhnya Utstman.

  1. Adanya orang Yahudi bernama Abdullah bin Saba yang bertugas memprovokasi kaum muslimin.
  2. Kemakmuran dan kesejahteraan yang meliputi wilayah Islam sehingga tersibukan dengan urusan dunia.
  3. Enggannya beberapa kabilah atas kepemimpinan dari kaum quraisy.
  4. Ada perbedaan karakter kepemimpinan antara Umar dan Ustman. Umar sangat keras, kalau Ustman lembut.

7 poin fitnah yang menyebabkan Ustman di berontak.

  1. Ustman dianggap mengangkat kaum kerabat dekatnya menjadi pejabat strategis. Padahal kerabat Ustman hanya 5 orang saja dibanding luasnya wilayah kekuasaan Ustman. Ke-5 orang tersebut adalah orang pilihan.
  2. Ustman dianggap mengusir Abu Dzar.
  3. Pernah membakar mushaf2.
  4. Ustman memukuli Abdullah bin Mas’ud.
  5. Pernah melengkapi sholat qashar.
  6. Ustman tidak ikut perang badr, perang uhud (3:155), bai’atur ridwan.
  7. Menambah adzan jumat menjadi 2 kali.

Terbunuhnya Utsman.

  • Saat para shahabat nabi yang senior banyak di Mekah karena sedang haji. Sisanya berada di Madinah adalah anak-anaknya para shahabat.
  • Mereka membuat huru hara agar Ustman diturunkan. Mereka dengan jumlah yang banyak menyerang atau mendatangi rumah Ustman.
  • Beberapa shahabat muda ingin membela Ustman, namun Utsman menyuruh untuk kembali ke tempat masing-masing, karena Ustman tidak ingin ada pertumpahan darah di rumahnya.
  • Di rumah, Ustman hanya tinggal dengan istrinya yaitu Nailah. Nailah adalah istri yang paling muda usianya.
  • Saat orang yang akan menebasnya dengan pedang, maka Nailah menghalanginya sehingga tangannya putus.
  • Disaat itulah Ustman bin Affan syahid di tangan-tangan pemberontak.

Note: Silahkan baca kitab aslinya yang sudah diterjemahkan daln bahasa Indonesia dengan judul buku “Inilah Faktanya”, karya Syaikh Dr. ‘Utsman bin Muhammad al-Khamis

SELESAI
SEMOGA BERMANFAAF

8 Dzulqo’dah 1439 H
Masjid Ar-Rahmat Slipi JakBar
Ust. Fadlan Fahamsyah Lc.

Spread the love