Arti Kemerdekaan adalah Bebas dari Insiden

Bulan Agustus merupakan bulan yang amat penting dan bersejarah bagi Rakyat dan Bangsa Indonesia. Dimana pada bulan tersebut, tepatnya pada tanggal 17 Agustus seluruh Rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya. Bebas dari penjajahan dan kebebasan dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

74 Tahun berlalu sejak tahun 1945. Namun, arti kemerdekaan belum sepenuhnya dirasakan oleh para pekerja di berbagai industri. Arti kemerdekaan bagi mereka para pekerja adalah bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan tercatat sepanjang tahun 2018 mencapai 173.105 kasus dengan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp. 1,2 triliun.

Baca Juga: Simple, Berikan Jempolmu

Lalu bagaimana upaya kita untuk menggapai kemerdekaan dalam arti bebas dari insiden di tempat kerja? Berikut beberapa poin yang bisa dilakukan:

  1. Maknai bahwa keselamatan adalah tanggung jawab pada setiap individu. Benar bahwa manajemen perusahaan memiliki andil besar dalam menerapkan keselamatan kerja di perusahaan, namun kepedulian dari setiap pekerja juga menjadi kunci keselamatan di tempat kerja.
  2. Peduli untuk saling mengingatkan tentang keselamatan. Tidak sungkan atau ragu untuk mengingatkan ketika melihat rekan kerja dalam kondisi bahaya.
  3. Laporkan kondisi bahaya sesegara mungkin. Kondisi dan perilaku bahaya merupakan penyebab langsung terjadinya kecelakaan kerja. Dengan melaporkan setidaknya telah memutus rantai penyebab terjadinya insiden.
  4. Aktif dalam program pelatihan keselamatan. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan keselamatan di dalam pekerjaan dapat mengurangi kesalahan dalam bekerja.
  5. Katakan “TIDAK” dan menolak jika mengharuskan bekerja dalam kondisi yang berbahaya. Pekerja dilindungi secara hukum dan undang-undang untuk mendapatkan perlindungan selama bekerja.

Kini saatnya bagi manajemen perusahaan dan pekerja bersama-sama untuk mewujudkan Kemerdekaan dari Insiden (kecelakaan kerja) di lingkungan kerja. Kita pasti bisa dengan sumber daya yang unggul.

Spread the love