Meningkatkan Imunitas Tubuh Terutama Saat Berpuasa

Salah satu upaya membentengi diri dari Virus Corona adalah dengan menjaga dan meningkatkan sistem kekebatalan tubuh yang disebut dengan imunitas. Setiap manusia memeliki daya imun yang berbeda-beda tergantung dari kondisi fisik yang sedang dialaminya. Berdasarkan rekomendasi dari dokter, ada beberapa hal yang bisa meningkatkan imunitas tubuh untuk menghadapi pandemi Virus Corona ini diantaranya:

  1. Menerapkan pola hidup sehat dengan perbanyak makan sayur dan buah, cukup istirahat, hindari stress, rutin berolahraga, hindari rokok dan alkohol.
  2. Mengkomsumsi suplemen sebagai pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi seperti suplemen yang mengandung Echinacea, buah mengkudu, daun meniran dan suplemen yang banyak mengandung vitamun B6, C dan E.

Saat ini sudah mulai memasuki bulan puasa. Tentunya asupan makanan dan minuman tidak sama dengan biasanya. Bagi mereka yang bekerja di lapangan risokonya tentu berbeda dengan mereka yang bekerja di kantor ataupun di rumah (work from home). Dengan begitu, perlu perhatian kepada semua pekerja saat menjalani pekerjaan di bulan puasa dan kondisi pandemi wabah virus Corona ini.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh saat berpuasa dan aktif bekerja selain dari 2 poin yang sudah disebutkan di awal yaitu:

  1. Menghindari makanan yang men-trigger adanya inflamasi seperti gula dan gorengan. Hal ini bisa diganti dengan mengkonsumsi buah seperti kurma.
  2. Menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan memperbanyak protein seperti telur dan daging yang mengandung sedikit lemak.

Secara prinsip puasa itu tidak memperlemah daya tubuh kita. Karena daya tubuh kita itu cukup dengan makanan seimbang, lalu melakukan aktifitas fisik secara rutin, kemudian istirahat yang cukup, kurangi stres, dan hindari merokok.

STAY SAFE AND HEALTHY!

Spread the love