Kehadiran Syaithan di Alam Manusia

Kehadiran syaithan di alam manusia tanpa disadari oleh setiap manusia, namun sebagai orang yang beriman harus mengetahuinya sehingga mampu untuk melawan syaithan tersebut.

1. Syaithan itu hadir ketika seseorang akan berinfak.

Salah satu cara setan menggoda manusia adalah selalu menakut-nakuti dengan kemiskinan. Setan membuat manusia merasa selalu kekurangan padahal karunia Allah itu sangat banyak. Allah berfirman yang artinya: “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) ; sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan daripadaNya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui” [Al-Baqarah/2: 268]

2. Syaithan itu hadir dan akan menginap di lubang hidung manusia.

“Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka hendaklah berwudhu lalu beristintsar sebanyak tiga kali karena setan bermalam di batang hidungnya.” (HR. Al-Bukhari no. 3295 dan Muslim no. 238).

Baca Juga: Syaithan Menyesatkan Manusia Hingga Menjelang Kematian

3. Syaithan akan hadir ketika manusia tidur. Mereka akan mengikat dengan 3 ikatan. Oleh karenanya kita diperintahkan untuk berdoa, berwudhu dan sholat. Maka ikatan tersebut akan terlepas.

“Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, “Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan”, sedangkan setan membisikan, “Akhiri (malam-mu) dengan keburukan”. Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” (HR. Ibnu Hibban 5533, Hakim dalam al-Mustadrak 1969 dan beliau shahihkan, kemudian disepakati oleh Adz-Dzahabi).

4. Syaithan hadir di dalam mimpi buruk.

Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Syaithan memutus ketika seseorang sholat. Masuk ke dalam hati sehingga merusak kekhusyuan.

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat” (QS. Al Maidah: 91).

Wahai Rasulullah, setan telah menghalangi antara aku dan shalatku serta mengacaukan bacaanku. Maka Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “itu adalah setan yang disebut dengan Khanzab. Jika engkau merasakan sesuatu (gangguan) maka bacalah ta’awwudz dan meniuplah ke kiri 3x”. Utsman mengatakan: “aku pun melakukan itu, dan Allah pun menghilangkan was-was setan dariku” (HR. Muslim no.2203).

Beberapa hal yang menyebabkan kehadiran setan.

  1. Meninggalkan Al-Qur’an.
  2. Meninggalkan jalan Sunnah.
  3. Tidak ikhlas.

SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT

Spread the love