Safety Talk: Masker, Upaya Terakhir Pencegahan Penularan Covid-19

Salah satu upaya pencegahan penyebaran dan penularan virus corona pada masa pandemi ini salah satunya mewajibkan semua orang untuk mengenakan masker. Di Indonesia, penggunaan masker termasuk satu dari 3M langkah pencegahan selain mencuci tangan dan menjaga jarak. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga telah merekomendasikan kepada seluruh masyarakat dunia untuk menggunakan masker saat beraktivitas di area publik. Hasil studi lain menunjukan bahwa daerah yang menerapkan aturan penggunaan masker terjadi perlambatan kasus Covid-19 harian. Mereka yang memiliki budaya dan kebijakan pemerintah yang mendukung penggunaan masker mencatatkan angka kematian yang lebih rendah.

Di dalam teori pengendalian bahaya dan risiko bahwa penggunaan masker merupakan upaya terakhir yang sifatnya adalah wajib untuk digunakan. Tujuannya adalah mengurangi paparan dan keparahan meskipun telah terjadi kontak dengan bahaya tersebut. Oleh karena itu, di masa pandemi Covid-19 ini perlu kita ketahui jenis dari masker yang tepat digunakan dan beberapa kesalahan dari cara pakai masker tersebut.

Diantara jenis masker yang sudah umum digunakan oleh banyak orang dan sejauh mana tingkat efektifitasnya dari masker tersebut. Berikut di bawah ini penjelasannya:

  1. Masker N95 yang memiliki tingkat efektifitas antara 95-100%
  2. Masker bedah yang digunakan sekali pakai memiliki tingkat efektiftas 80-90%.
  3. Masker berkatup yang memiliki tingkat efektifitas 80-95%
  4. Masker kain tiga lapis yang memiliki tingkat efektifitas 50-70%.
  5. Masker Scuba dan Buff yang memiliki tingkat efektifitas 0-5%.

Kemudian beberapa kesalahan umum cara pakai masker:

  1. Masker tidak menutup area dagu.
  2. Masker melorot di bawah hidung dan hanya melindungi bagian mulut.
  3. Masker terlalu longgar.
  4. Masker sudah menutup dagu tapi bagian atasnya hanya tercantol di ujung hidung.

Dengan demikian, setelah kita memahaminya. Maka diharuskan untuk diterapkan baik di tempat kerja maupun diluar tempat kerja (kehidupan social atau bermasyarakat).

SALAM SEHAT DAN SELAMAT

Spread the love