Safety Talk: Jangan Lelah

Ketidakdisiplinan dan ketidakpatuhan terhadap aturan dan prosedur kerja merupakan salah satu faktor dari penyebab terjadinya kecelakaan di tempat kerja. Dibuatnya aturan dan prosedur kerja tidak lain adalah untuk dijadikan acuan atau pedoman dalam menyelesaikan pekerjaan dengan aman dan selamat selain hasil kerja yang berkualitas.

Perusahaan tidak akan pernah berhenti dalam melakukan evaluasi dan meninjau ulang secara berkala terhadap aturan dan prosedur yang harus dijalankan oleh setiap karyawan yang bekerja. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian baik cidera terhadap karyawan, kerusakan properti maupun dampak negatif terhadap lingkungan.

Salah satu bentuk dari pencegahan dari itu semua adalah JANGAN LENGAH yaitu:

1. JANGAN LENGAH saat bekerja menggunakan peralatan yang memiliki potensi bahaya seperti peralatan berputar, peralatan dengan permukaan yang panas dan berarus listrik.

2. JANGAN LENGAH saat berkendara baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Penyebab terbesar terjadinya kecelakaan berkendara adalah pengemudi yang lengah terhadap aturan dan prosedur aman berkendara.

3. JANGAN LENGAH dimasa pandemi COVID-19. Selalu jalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

4. JANGAN LENGAH ketika berada di area berbahaya (Line of Fire) seperti tidak berada di area radius putar alat berat, manuver atau maju mundur kendaraan, berada di bawah objek yang sedang diangkat, berada di dekat kapal yang akan bersandar atau berangkat, tidak berada di samping alat yang memiliki tegangan saat aktivitas pengangkatan, tidak berada dekat dengan pekerjaan yang menimbulkan serpihan dan tidak berada di dekat pada peralatan atau mesin yang berputar.

Kita semua ingin selamat dan sehat di saat sebelum, selama dan sesudah bekerja. Oleh karena itu JANGAN LENGAH disaat kita sedang bekerja.

SALAM SEHAT DAN SELAMAT

Spread the love