Hadist 8 : Hak Seorang Muslim Kepada Muslim Lainnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, sesungguhnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda: “Hak seorang Muslim kepada Muslim lainnya ada lima: menjawab salam, menjenguk orang yang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi panggilan (undangan), dan mendoakan yang bersin.” Hadist diriwayatkan oleh Mutafaqqun ‘Alaihi.

Penjelasan

Dalil Al-Qur’an tentang orang beriman adalah bersaudara.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (QS Al-Hujurat : 10)

Penjelasan tentang Sahabat Abu Hurairah

  • Beliau adalah sahabat yang mulia dengan nama Kun-yahnya Abu Hurairah. Nama asli beliau adalah Abdurrahman bin Shakhrain As-Dausi Al-Yamani.
  • Masuk Islam di tahun 7 H ketika Rasulullah menuju Khaibar.
  • Beliau berguru hanya kepada Rasulullah selama 4 tahunan. Namun beliau termasuk dari sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadist.
  • Jumlah hadist yang diriwayatkan oleh beliau sebanyak 5.374 hadist.

Daftar 7 sahabat yang banyak meriwayatkan hadist

  • Dari Yaman yaitu Abu Hurairah
  • Dari Mekkah yaitu ‘Aisyah, Ibnu Abbas dan Ibnu Umar.
  • Dari Madinah yaitu Anas bin Malik, Abu Sa’id al-Khudri dan Jabir bin Abdillah

Baca juga: Hadist 7 : Seseorang Bersama Dengan Orang Yang Dicintai

Penjelasan Riyawat Muttafaq ‘Alaihi

Muttafaq ‘alaihi adalah riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim dalam shahih mereka yatu shahih Bukhari dan shahih Muslim. Imam Bukhari adalah guru dari Imam Muslim.

Nama Imam Bukhari adalah Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Al-Bukhari. Lahir pada tahun 194 H dan wafat pada tahun 256 H, sedangkan nama Imam Muslim adalah Muslim bin Hajjaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi. Lahir pada tahun 204 H yang mana tahun tersebut adalah wafatnya Imam besar yaitu Imam Syafi’i. Imam Muslim wafat pada tahun 261 H.

Makna Kosakata Hadist

  • Roddus salaami, maknanya adalah Iqbaalu attahiyati bit tahiyyati yang artinya menerima ucapan penghormatan (salam) dengan mengucapkan kembali penghormatan (salam) tersebut.
  • ‘Iyaadatul maridhi, maknanya adalah ziyaarotul maridhi yang artinya mengunjungi orang sakit.
  • Ittibaa’ul janaaizi, maknanya Ittibaa’ul janaaizi lissholaati waddafni yang artinya mengiringi jenazah untuk disholatkan dan mengantarkan jenazah ke liang kubur.
  • Ijaabatud da’wati, maknanya talbiyatun lida’watin yang artinya memenuhi panggilan.
  • Tasymiitul ‘aathisi, maknanya idzaa hamidallaha fayuqoolu lahu yarhamukallahu yang artinya jika dia (orang yang bersin) memuji Allah maka dikatakan untuknya semoga Allah merahmatimu.

Pemahaman Hadist

  1. Memenuhi panggilan (undangan) merupakan diantara hak muslim kepada saudaranya dan perintahnya wajib untuk memenuhi panggilan tersebut (misal pernikahan).
  2. Sesungguhnya menjawab panggilan diantara hak muslim kepada saudaranya.
  3. Sesungguhnya memenuhi panggilan tidak harus darinya makan dari makanan.
  4. Sesungguhnya dalam memenuhi panggilan akan menguatkan ikatan-ikatan persatuan dan kekeluargaan diantara kaum muslimin.
  5. Dan di dalam meninggalkan panggilan terhadap pernikahan merupakan kemaksiatan kepada Rasulullah.

Selesai

Spread the love