Kok Bisa Jakarta Dikatakan Udaranya Tidak Sehat?

Akhir-akhir ini sedang ramai bahwa udara di Jakarta sedang tidak baik-baik saja yang “katanya” dikarenakan tingkat polusi yang tinggi. Namun sebenarnya apakah benar udara Jakarta tidak sehat itu dikarenakan tingkat polusi yang tinggi?

Saya coba melakukan pengecekan di salah satu website resmi yang memberikan informasi secara realtime terkait kondisi udara baik tingkat nasional (Indonesia) maupun Internasional. Selain itu juga saya cek di dalam regulasi yang mengatur mengenai hal tersebut. Berikut link Website dan Regulasi yang mengaturnya:

• https://www.accuweather.com/id
• https://www.iqair.com/id

• Permen LHK No. 14 Tahun 2020 tentang Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)

Parameter Kualitas Udara

Ada beberapa parameter yang diukur untuk menyatakan apakah kualitas udara di luar ruangan dinyatakan baik atau tidak. Berikut parameternya berdasarkan Permen LHK No. 14 Tahun 2020:

  1. Partikulat (PM10)
  2. Partikulat (PM2,5)
  3. Karbon Monoksida (CO)
  4. Nitrogen Dioksida (NO2)
  5. Sulfur Dioksisa (SO2)
  6. Ozon (O3)
  7. Hidrokarbon (HC)

Semua parameter di atas memiliki dampak terhadap kondisi kesehatan manusia, Namun yang paling berpengaruh terhadap kesehatan manusia secara langsung adalah Partikulat PM 2,5. Hal ini dikarenakan partikel polutan tersebut dapat terhirup dan masuk ke paru-paru serta aliran darah, mengakibatkan masalah kesehatan serius. Dampak terparah adalah pada paru-paru dan jantung. Keterpaparan dapat mengakibatkan batuk atau kesulitan bernapas, asma parah, dan berkembangnya penyakit pernapasan kronis.

Standar Parameter

Dibawah ini merupakan standar parameter dan nilai baku mutu yang mempengarui kualitas udara di luar ruangan.

Tabel Konversi Nilai Konsntrasi
Tabel Kategori Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Tabel Perbandingan baku mutu PM2,5 di beberapa negara

Kondisi Jakarta Saat Ini

Saat ditulisnya artikel ini, berikut kondisi kualitas udara di Jakarta:

Kondisi Aktual di Jakarta

Sedangkan untuk Ranking AQI Dunia bahwa Kota Jakarta peringkat ke-2, lihat pada gambar berikut:

Gambar Rangking AQI Dunia

Kesimpulan

Dengan demikian bahwa memang benar adanya kualitas udara di luar ruangan Jakarta masuk karegori tidak sehat. Oleh karenanya penting bagi kita untuk melakukan tindakan preventif dengan menggunakan masker apabila berada di luar ruangan (outdoor).

Semoga informasi ini bermanfaat.

Spread the love