10 Adab Sehari-Hari

10 Adab Sehari-Hari merupakan kitab yang ditulis oleh Syaikh Shalih Bin Abdillah Al-‘Ushaimi hafidzahullahu. Termasuk kitab yang sangat penting untuk dipelajari dikarenakan poin-poin yang dibahas merupakan amalan yang dilakukan oleh kaum muslimin setiap harinya. Berharap mendapatkan pahala dari Allah Ta’ala atas amal shalih yang telah dilakukannya.

Berbicara tentang adab berarti membahas tentang ibadah. Makna ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai oleh Allah Ta’ala.

Keutamaan Adab atau Akhlak

  • Adab atau akhlak merupakan suatu amalan yang menjadi sebab dimasukan ke dalam surga. Diantara amalan yang dapat memasukan ke surga yaitu taqwa dan akhlak yang baik.
  • Adab atau akhlak adalah amalan yang dapat memberatkan timbangan amal di akhirat kelak.
  • Adab atau akhlak yang baik akan hidup berdampingan di hari kiamat bersama Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam
  • Adab atau akhlak akan membuat kehidupan yang tenang.
  • Adab adalah tanda kebahagiaan dari seorang hamba. Dakwah dengan adab menjadi salah satu sebab tersebarnya Islam.
  • Jika kita ingin memiliki akhlak yang baik, maka banyaklah berdoa kepada Allah Ta’ala.

Bagaimana Cara Memperbaiki Akhlak

  • Berdoa kepada Allah Ta’ala
  • Menuntut ilmu syar’i (Qur’an dan Hadist)
  • Bergaul dengan orang-orang shalih.
  • Berusaha dengan membiasakan.

Adab bersumber dari 2 yaitu Al-Qur’an dan Sunnah serta ‘Urf yaitu budaya yang tidak bertentangan dengan syariat. Berikut 10 Adab Sehari-Hari yang tentunya setiap kaum muslimun mengamalkannya.

1. Adab Salam

Pertama: Apabila engkau bertemu seorang muslim maka ucapkanlah salam kepadanya seraya mengatakan: “As Salamu Alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu”. (Semoga keselamatan untuk kalian, kasih sayang dan keberkahan untuk kalian). Dan jika seseorang mengucapkan salam kepadamu, maka jawablah: “Wa Alaikum Salam wa Rahmatullahi wa Barakatuhu”. (Dan semoga keselamatan untuk kalian, kasih sayang dan keberkahan untuk kalian).

Diantara keutamaannya:

  • Merupakan hak muslim kepada muslim lainnya.
  • Mendatangkan rasa saling mencintai diantara kaum muslim.
  • Salah satu amalan yang memasukkan ke dalam surga dan menggugurkan dosa-dosanya.

2. Adab Meminta Izin

Kedua: Apabila engkau ingin masuk ke rumah seseorang maka mintalah izin, dengan berdiri di sebelah kanan pintu atau kirinya. JIka engkau diberi izin maka masuklah. Dan jika dikatakan padamu: “Kembalilah”. maka kembalilah.

Baca Juga: Happy Ending

3. Adab Makan

Ketiga: Bacalah bismillah ketika engkau akan memulai makan dan minum seraya mengatakan “Bismillah” (Dengan nama Allah). Makanlah dengan tangan kananmu, dan makanah yang terdekat denganmu. Dan apabila engkau selesai makan maka jilatilah jari kemarimu dengan mengatakan “Alhamdulillah”. (Segala puji bagi Allah)

4. Adab Berbicara

Keempat: Berbicaralah dengan ucapan yang baik. Rendahkanlah suaramu dan pelan-pelanlah ketika berbicara serta dengarkanlah baik-baik orang yang mengajakmu berbicara dengan menghadap padanya. Janganlah kamu memotong pembicaraannya dan janganlah engkau mendahului orang yang lebih tua dengan ucapan.

Makna lebih tua adalah dari sisi ilmu dan usia.

5. Adab Tidur

Kelima: Apabila engkau mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah dan tidurlah pada sisi kananmu, bacalah ayat kursi sekali, kumpulkan dua telapak tanganmu dan bacalah pada keduanya surat Al-Ikhlas dan surat mu’awwadzatain (Al-Falaq dan An-Naas), tiupkanlah pada keduanya lalu usapkan dengan kedua telapak tanganmu ke jasadmu semampunya, lakukan hal itu sebanyak tiga kali.

6. Adab Bersin

Keenam: Apabila engkau bersin maka tutuplah wajahmu dengan telapak tanganmu atau kain bajumu dan memujilah Allah. Jika seseorang mendoakanmu seraya mengatakan padamu: “Yarhamukallahu”, maka jawablah: “Yahdikumullahu wa Yushlihu Baalakum”. (Semoga Allah memberikan hidayah kepadamu dan memperbaiki keadaanmu).

7. Adab Menguap

Ketujuh: Tahanlah menguapmu semampumu. Tahanlah dengan telapak tanganmu di atas mulutmu dan janganlah kamu mengucapkan: “Ah. Ah”.

8. Adab Bermajelis

Kedelapan: Apabila engkau sampai di suatu majelis, maka ucapkanlah salam, duduklah ditempat yang tersedia, janganlah duduk antara sinar matahari dan bayangannya, jangan memisahkan antara dua orang kecuali dengan izin keduanya, janganlah menyuruh orang lain berdiridari tempat duduknya, luaskanlah tempat bagi yang masuk, berdzikirlah kepada Allah di majelis, minimalnya doa kaffaratul majelis seraya mengatakan:

Subhaanakallaahumma wa bihamdika, asyhadu al-laa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaik. Artinya, “Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepada-Mu.”

9. Adab di Jalan

Kesembilan: Berikanlah hak jalan, tundukanlah pandanganmu, tahanlah dirimu dari menyakiti orang, jawablah salam, perintahkan orang lain kepada kebaikan dan cegahlah mereka dari kemunkaran.

10. Adab Berpakaian

Kesepuluh: Berpakaianlah dengan pakaian yang bagus, dan yang terbaik adalah berwarna putih, janganlah menutupi mata kakimu, ketika memakai mulailah dengan bagian kanan terlebih dahulu dan ketika melepas mulailah dengan bagian kiri.

Demikian 10 Adab Sehari-Hari semoga Allah Ta’ala memberikan kita hidayah dan taufiq-Nya untuk melaksanakan amal shalih.

SEMOGA BERMANFAAT

Ditulis pada 18 Muharram 1445 H
Di Masjid Imam Asy-Syafi’i Alia Bonang
Pemateri Ustadz Abu Ubaidah Yusuf As-Sidawi

Spread the love