Hari Kebangkitan

Poin 1.

Bagian tubuh manusia yang tidak akan hancur setelah dikubur bertahun-tahun adalah tulang ekor. Tulang ekor adalah cikal bakal pada hari kebangkitan akan tumbuh seperti tanaman yang disiram dengan air.

Poin 2.

Tubuh yang akan dipakai pada hari kebangkitan adalah tubuh saat ini yang ada pada diri kita. Tubuh yang akan dipakai adalah amal sholih maupun perbuatan yang buruk. Bagi Allah mudah untuk melakukan hal tersebut. Di akhirat fungsi mata manusia sangat tajam. Dapat melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat di dunia seperti malaikat dan jin. Di akhirat (surga) tubuh manusia tidak ada kotoran seperti tidak buang air, meludah dan hal yang najis lainnya. Orang yang pertama kali bangkit ketika tiupan sasangkala kedua antara Nabi Muhammad atau Nabi Musa sesuai dengan hadist Bukhari dan Muslim.

Poin 3.

Makhluk yang akan dibangkitan adalah semua makhluk yang hidup di dunia.

Binatang Ternak (Al-‘An`ām):38 – Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.

— *Bersambung* —

1 Shafar 1438H
Masjid Ar-Rahmat
Ust. Abu Haidar As-Sundawi

Spread the love