Surat An-Nashr

Surat An-Nashr diturunkan di Madinah. Dalam riwayat Ibnu Abbas bahwa surat ini turun secara lengkap dan yang terakhir kepada Rasul.

Kisah menarik dari Shahih Bukhari

Umar bin Khatab memasukan Ibnu Abbas ke dalam majelis permusyawaratan para shahabat untuk membahas persiapan perang Badr. Saat itu Ibnu Abbas berusia 14,5 tahun. Ibnu Abbas didoakan oleh Nabi agar menjadi orang yang ahli Agama dan ahli Tafsir. Beliaulah yang berhadapan dengan para kaum Khawarij.

Sebagian dari mereka para shahabat berkata kenapa anak ini (Ibnu Abbas) hadir di dalam majelis ini? Dikarenakan Ibnu Abbas masih usia belia. Umar mengatakan kepada para shahabat yang hadir di majelis shahabat dan mengatakan tentang maksud dari surat An-Nashr. Makna yang disampaikan oleh para shahabat berbeda dengan apa yang dipahami oleh Ibnu Abbas. Makna yang disampaikan oleh Shahabat adalah jika mendapatkan kemenangan maka kita harus bertasbih, bertahmid dan beristighfar. Sedangkan tafsir dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa surat ini menunjukan akan dekatnya ajal Rasul, karena tugas menyampaikan risalahnya sudah selesai.

Baca juga: Tafsir Surat Al-Kautsar

Turunnya Surat An-Nashr

Surat ini diturunkan pada tahun dimana Rasul wafat. Sejak turun surat ini, di dalam doa rukuk dan sujud rasul mengubah bacaanya, dimana ada tasbih, tahmid dan istighfar yaitu

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ

Subhaanakallaahumma robbanaa wa bihamdika, allaahummagh-fir lii.

Maha Suci Engkau ya Allah Tuhan kami, dan dengan pujian untukMu. Ya Allah, ampunilah aku. HR. Bukhari no. 817 dan Muslim no. 484.

Tafsir Ayat

Pertolongan (An-Naşr):1 – Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, Pertolongan (An-Naşr):2 – dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, Pertolongan (An-Naşr):3 – maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

Kemenangan disini adalah ketika terjadinya Fathu Mekkah. Maka banyak orang berbondong-bondong masuk Islam. Bertasbih adalah mensucikan Allah dari apapun. Bertahmid adalah pujian hanya kepada Allah. Beristighfar adalah memohon ampun kepada Allah. Maka ketika kita mendapatkan kemenangan maka dianjurkan untuk bertasbih, tahmid dan istighfar

===SEMOGA BERMANFAAT===

Spread the love