Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 2-5

Sapi Betina (Al-Baqarah):2 – Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

Al-Qur’an adalah kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya yang diturunkan oleh Allah sebagaimana pada ayat ini.

Sajdah (As-Sajdah):2 – Turunnya Al-Quran yang tidak ada keraguan di dalamnya, (adalah) dari Tuhan semesta alam.

Hanya orang yang bertakwa saja yang dapat mengambil faidah sebagai petunjuk dari Al-Qur’an. Orang kafir tidak bisa mengambil manfaat dari Al-Qur’an karena hati mereka telah ditutup oleh Allah. Hal ini juga dijelaskan di dalam surat yang lainnya.

Baca Juga: Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 1

Yang dijelaskan (Fuşşilat):44 – Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”.

Siapa orang yang bertaqwa itu? Menurut Ibnu Abbas Radhiyalahu’anhu adalah orang-orang yang melaksanakan ketaatan kepada Allah dan meninggalkan kesyirikan. Ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah yang nenjauhkan diri dari kesyirikan. Orang yang bertaqwa adalah orang yang takut akan hukuman dari Allah jika dia meninggalkan hidayah.

Ibnu Katsir mengatakan asal kata Taqwa adalah waqo dan yaqi artinya mencegah. Taqwa tidak mungkin muncul tanpa memiliki ilmu. Mereka tidak mungkin bisa melakukan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang jika tidak mengetahui ilmunya.

Al-Hidayah ada 2 macam yakni:

  1. Apa yang Allah berikan kepada manusia berupa iman di dalam hatinya. Ini hanya datang dari Allah saja. Disebut juga hidayah Taufik.
  2. Menjelaskan kebenaran kepada seseorang. Disebut juga dengan Hidayah Al-Irsyad. Semua orang bisa menyampaikan hal ini selama memiliki ilmunya.

Pada ayat selanjutnya Allah menyebutkan 3 tanda orang bertaqwa.

Sapi Betina (Al-Baqarah):3 – (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

Ciri orang bertaqwa yang pertama adalah beriman kepada yang Ghoib. Kata ‘Al-Ghoib’ bermakna beriman kepada Allah, kitab-kitabnya, Rasulnya dst yang ada pada rukun Iman yang enam.

Ciri yang kedua adalah mendirikan sholat dengan menjalankan dan menyempurnakan rukun-rukunnya. Dalam mendirikan sholat ada 2 perkara yaitu secara dzohir dan bathin.

Sholat secara dzohir adalah menjalankan rukun-rukun sholat dan fikih sholat. Sedangkan secara bathin adalah khusu’ dalam sholat. Upaya untuk khusu’ adalah memahami apa yang dibaca dan menghadirkan diri ketika sholat.

Ciri yang ketiga adalah mereka yang menginfakan sebagian rizkinya kepada yang berhak atau membutuhkan.

Terdapat 3 hak yang harus ditunaikan yaitu hak kepada Allah, dirinya dan orang lain.

Selanjutnya ciri orang yang bertaqwa disebutkan pada ayat selanjutnya.

Sapi Betina (Al-Baqarah):4 – dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

Kita mengimani kitab-kitab yang Allah turunkan baik Al-Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya. Hanya ada 1 kitab yang Allah jaga hingga hari kiamat yaitu kitab Al-Qur’an.

Ciri atau sifat selanjutnya adalah yang beriman kepada hari akhir dan ini merupalan bagian dari beriman kepada yang ghoib. Hakikat beriman kepada hari akhir adalah meyakini adanya kehidupan setelah kematian.

Allah tutup ciri-ciri dari orang yang bertaqwa dengan ayat selanjutnya.

Sapi Betina (Al-Baqarah):5 – Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Bagi siapa saja yang ingin Allah berikan petunjuk dan menjadi orang yang bertaqwa maka jalankanlah ciri atau sifat dari orang bertaqwa tersebut.

SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT

=====

Ditulis pada tanggal 30 Dzulhijjah 1440H
Di Masjid Ar-Rahmat Slipi JakBar
Pemateri Ust. Hamzah Abbas Lc.

Spread the love