Al-Qur’an Itu Obat

Terdapat dua jenis ujian, yaitu ujian dengan kebahagiaan dan ujian dengan kesedihan. Diuji dengan kebahagiaan maka dia bersyukur, dan jika diuji dengan kesedihan maka ia bersabar.

Besi (Al-Ĥadīd):22 – Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

Besi (Al-Ĥadīd):23 – (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

Semua penyakit ada obatnya, kecuali satu penyakit yaitu buruknya masa tua. Seburuk-buruknya kematian adalah kematian dalam keadaan pikun.

Baca juga: Jangan Cuma Cari Dunia

Nabi shalallahu’alaihi wassalam pernah menyatakan bahwa kebodohan adalah suatu penyakit. Kebodohan yang dimaksud adalah bodoh dalam hal ilmu agama, tidak mengetahui mana yang halal dan haram. Maka Nabi memberikan solusi kepada mereka yaitu bertanyalah kepada ulama.

Wanita (An-Nisā’):17 – Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Ulama adalah orang-orang yang takut kepada Allah subhanallahu wa ta’ala.

Pencipta (Fāţir):28 – Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

Apabila kita tidak mengetahui sesuatu perkara, maka kita diperintahkan untuk bertanya kepada orang yang mengetahuinya.

Lebah (An-Naĥl):43 – Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,

Bersambung…

SELESAI
SEMOGA BERMANFAAT

Ditulis pada 24 Rabiul Tsani 1441 H
Di Masjid Ar-Rahmat Slipi JakBar
Pembasan Kitab Ad-Daa’ wad Dawaa
Pemateri Ust. Abu Hurairah MA

Spread the love