Hanya Butuh 5 Menit Saja

Tak ada seorang pun yang ingin mengalami kecelakaan baik di rumah, diperjalanan ataupun di tempat kerja. Mereka mengetahui dan menyadari apa dampaknya bagi mereka jika kecelakaan menimpanya seperti rasa sakit jika terdapat cidera luka, rusaknya properti atau asset bahkan yeng lebih berat lagi jika kecelakaan tersebut sampai menyebabkan kematian. Oleh karenanya bagi mereka yang sudah memahami pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), mereka akan lebih peduli dan lebih berhati-hati saat melakukan pekerjaannya.

Namun saat ini tidak banyak orang yang peduli akan keselamatan dirinya, terlebih lagi untuk orang lain di sekitarnya. Diantara sebab rendahnya kesadaran (lack of awareness) terhadap K3 adalah sebagai berikut:

  1. Hanya fokus pada production/ result oriented. Tidaklah salah untuk mengejar target, namun jangan lupa bahwa keselamatan bagian dari target itu sendiri. Apa untungnya jika target produksi tercapai akan tetapi banyak kecelakaan yang terjadi.
  2. Minimnya partisipasi terhadap program K3 seperti pelatihan K3, kegiatan Safety Talk, observasi keselamatan, pelaporan kondisi tidak aman dlsb.
  3. Merasa sudah memiliki pengalaman yang banyak dalam melakukan pekerjaan sehingga bahaya dan risiko di tempat kerja terabaikan.
  4. Berada di lingkungan yang tak ada seorangpun mengingatkan atau menegur terkait keselamatan di tempat kerja.

Salah satu cara yang termudah adalah sisihkan waktu tidak lebih dari 5 menit sebelum bekerja untuk melakukan identifikasi, analisa bahaya dan risiko. Apabila ada potensi bahaya dan risiko pada pekerjaan yang akan dilakukan, maka lakukan mitigasi atau pengendalian kemudian sampaikan dan laporkan.

Baca juga: Makna Merdeka, Bebas Dari Insiden

Tidaklah sulit untuk melakukan hal tersebut di atas. Tentunya dengan program Daily Huddling atau Safety Talk yang dilakukan setiap pagi bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kesadaran kita semua terkait pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

SALAM SEHAT DAN SELAMAT!

Spread the love