Makna Merdeka, Bebas Dari Insiden

Indonesia tengah memperingati hari kemerdekaan yang ke 76. Tentunya semua masyarakat Indonesia bersuka cita untuk merayakannya meskipun di masa pandemi Covid-19. Tahun ini merupakan tahun kedua untuk merayakan hari kemerdekaan sejak munculnya pandemi Covid-19 di bulan Maret tahun lalu. Namun sedikit berbeda kondisinya dengan tahun ini dikarenakan jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 masih cukup tinggi sehingga diminta kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan mengikuti protokol kesehatan saat di luar rumah.

Sejenak kita lupakan dulu tentang Covid-19 yang tentunya mungkin sebagian dari kita sudah merasa bosan dengan informasi terkait dengan Covid-19 yang tersebar di segala media informasi. Sekarang coba kita renungkan makna dari sebuah kata kemerdekaan yang bisa kita pahami bersama khusunya terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Simpelnya makna dari kata kemerdekaan dari sisi K3 adalah karyawan terbebas dari cidera dan penyakit akibat kerja. Bagaimana mungkin karyawan dikatakan telah merdeka (terbebas dari insiden) sedangkan bahaya dan risiko di tempat kerja selalu mengintai mereka.

Baca juga: Antara Vaksin dan Disiplin

Oleh karena itu ada beberapa poin sebagai pedoman bagi karyawan agar merasakan kemerdekaan di tempat kerja yaitu bebas dari cidera dan penyakit akibat kerja selama mereka bekerja yang antara lain:

  1. Karyawan memiliki kompetensi di dalam melakukan aktifitas pekerjaannya. Untuk mendapatkan kompetensi ini maka salah satunya adalah diberikan pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.
  2. Karyawan memiliki pemahaman yang baik terkait dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sehingga di dalam aktifitasnya mereka akan peduli terhadap keselamatan dan kesehatan terhadap dirinya dan rekan kerjanya.
  3. Tidak mengambil jalan pintas dalam menyelesaikan pekerjaan, terlebih lagi pekerjaan yang memiliki potensi bahaya dan risiko yang tinggi.
  4. Selalu patuh dan berkomitmen terhadap kebijakan dan prosedur kerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan tujuan selesainya pekerjaan tidak hanya pada aspek kualitas namun keselamatan dan kesehatan juga menjadi prioritas.
  5. Peran pengawas menjadi unsur terpenting dalam memastikan keselamata dan kesehatan karyawan yang bekerja di bawah tanggung jawabnya.

Dengan demikian makna kemerdekaan dari sisi K3 dapat dirasakan yang tentunya tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan namun juga terhadap karyawan itu sendiri.

SALAM SEHAT DAN SELAMAT
SELAMAT HARI KEMERDEKAAN RI KE-76

Spread the love