Selamat (di) Jalan

Setiap orang pasti ingin selamat ketika sedang berada di perjalanan. Akan tetapi tidak banyak orang yang tahu dan peduli akan keselamatan dirinya ketika diperjalanan. Tercatat jumlah kecelakaan di jalan raya cukup tinggi dan kita ketahui bersama beberapa hari terakhir ada kecelakaan fatal yang melibatkan kendaraan roda empat atau lebih.

Seperti diketahui, kecelakaan beruntun terjadi di Km 91 Tol Cipularang beberapa waktu lalu. Kecelakaan melibatkan 21 kendaraan dan mengakibatkan 8 orang korban tewas. Kemudian di Tol Jagorawi terjadi tabrakan beruntun yang disebabkan salah satu kendaraan mengalami ban pecah saat kecepatan cukup tinggi. Kejadian tersebut menyebabkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa yang lainnya mengalami cidera.

Baca Juga: Aman Dimana Pun Berada

Berkendara di jalan raya bisa menjadi malapetaka jika tidak mengikuti aturan atau rambu-rambu yang ada, terutama perilaku yang tidak aman saat berkendara. Berikut beberapa poin yang bisa dijadikan pelajaran dan juga sebagai upaya agar terhindar dari kecelakaan ketika diperjalanan yang diantaranya:

  1. Pastikan Anda dalam kondisi Fit ketika berkendara. Apabila mulai terasa lelah dan kantuk, maka segera untuk berisitirahat.
  2. Pastikan kendaraan Anda layak atau aman digunakan. Lakukan pemeriksaan kendaraan sebelum digunakan. Perawatan rutin kendaraan sangat diharuskan karena untuk memastikan kendaraan Anda layak untuk digunakan.
  3. Patuhi aturan atau rambu lalu lintas selama di perjalanan. Berkendara di Jalan Raya berbeda dengan di sirkuit. Kexelamatan lebih utama dibanding kecepatan.
  4. Berkonsentrasi ketika berkendara di Jalan Tol. Hal ini dikarenakan laju kendaraan disekitar cukup tinggi. Penting juga memperhatikan spion kanan kiri dan belakang.
  5. Tidak berada berdekatan dengan kendaraan yang besar seperti Truck, Bus dan lainnya. Jada jarak aman dengan kendaraan besar tersebut.
  6. Tidak berhenti pada tempat yang berbahaya. Berhentilah di Jalur Darurat dengan memasang segitiga pengaman dan lampu hazard dinyalakan sebagai informasi bagi pengguna jalan lainnya.

Keselamatan berkendara bukan hanya saja untuk si Pengendara, namun juga untuk pengendara yang lain. Kita menginginkan Selamat di Jalan bukan Selamat Jalan ketika berkendara di Jalan Raya.

Salam Keselamatan.

Spread the love