Sepertinya Kiamat Sudah Dekat

Ada 3 surat yang menjelaskan tentang peristiwa hari kiamat yaitu Al-Infithar, At-Taqwir dan Al-Qoriah.

Terdapat 3 kejadian setelah tiupan sasangkala ditiup sebagaimana yang tertulis di dalam Surat Al-Infithar ayat 1-3 yang berbunyi:

“Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, dan apabila lautan menjadikan meluap.”

Kemudian pada 2 ayat selanjutnya menjelaskan peristiwa setelah sasangkala kedua ditiup yaitu:

“Dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya.”

Beberapa dalil yang menyatakan bahwa semakin dekatnya hari kiamat.

Golongan-Golongan yang bersekutu (Al-‘Aĥzāb):63 – Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. Dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya.

Bulan (Al-Qamar):1 – Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan.

Kisah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang diberikan mukjizat yaitu memberlah bulan menjadi dua. Maka kaum musyrikin menyangka Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam telah berbuat sihir.

Bulan (Al-Qamar):2 – Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat suatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata: “(Ini adalah) sihir yang terus menerus”.

Diantara tanda dekatnya kiamat adalah diutusnya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam sebagaimana pada hadist berikut:

“Jarak antara aku diutus dan hari kiamat seperti halnya perbedaan panjang jari ini dan jari ini “. (HR. Ahmad no. 21731)

Juga kematian Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam termasuk tanda dekatnya hari kiamat sebagaimana pada hadist berikut:

“Enam tanda-tanda kiamat; kematianku, penaklukkan Baitulmaqdis, kematian yang menyerang manusia laksana kematian kambing yang cepat, muncul fitnah yang serangannya masuk ke rumah setiap orang muslim, orang diberi seribu dinar kemudian ia marah, Romawi berkhianat kemudian mereka pergi dalam delapan bendera, dibawa setiap bendera ada duabelas (pasukan).” (HR. Ahmad no. 20988)

“Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah diangkatnya ilmu dan merebaknya kebodohan dan diminumnya khamer serta praktik perzinaan secara terang-terangan”. (HR. Bukhari no. 80)

“Diantara tanda- tanda hari kiamat adalah manusia bermegah-megahan dalam membangun masjid. (HR. Nasa’i no. 682)

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kalian melihat sepuluh tanda: Terbitnya matahari dari arah barat, munculnya asap, dabbah (munculnya hewan melata),, Yajuj dan Majuj, keluarnya ‘Isa bin Maryam, Dajjal, terjadinya kerusakan di tiga tempat: di barat, di timur dan di negeri Arab, dan api yang keluar dari ujung tanah Adan yang mengiring manusia, dan api tersebut turun bersama mereka dimana mereka turun dan akan beristirahat bersama mereka sebagaimana mereka berkata.

Baca juga: Sebab-Sebab Meraih Keberkahan Rizki

Lalu apa yang perlu kita siapkan? Tidak lain adalah bersegara untuk beralamal sebagaimana hadist di bawah ini:

“Bersegeralah kalian beramal sebelum datangnya enam perkara; terbitnya matahari dari tempat terbenamnya, munculnya Dajjal, munculnya asap, munculnya binatang melata, kematian salah seorang dari kalian dan perkara umum.” Qatadah berkata; Jika beliau mengatakan, “Dan perkara umum, ” maksudnya yaitu perkara kiamat.” (HR. Ahmad no. 8910)

==SELESAI=
==SEMOGA BERMANFAAT==

Ditulis pada tanggal 10 Jumadist Tsani 1442H
Kajian Online Mata Air Tasniim
Pemateri Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah MA

Spread the love